22.3.11

yang selalu termaafkan

baru saja dia membuatku berang ketika kami terlibat pembicaraan 'itu' di telefon. dia sering membuat saya jengkel. dia sering membahas hal yang semestinya tak dibahas lagi. dia sering membuat kuping saya panas dengan aturan ini itu. dia sering membuat emosi saya naik turun. ajaibnya, dia selalu membuat saya merindu.

saya memiliki satu tokoh ajaib dalam hidup saya. saya kurang tahu apakah kawan-kawan juga mengalami hal serupa. saya katakan ajaib karena di sela-sela rasa marah saya, selalu tersimpan maaf untuknya. di sela kebisingannya selalu ada pemakluman yang tak henti. di tiap sikap ganjilnya yang lebih sering merepotkan itu (menurutku begitu) selalu terselip rasa sayang yang besar untuknya. dan, di setiap tingkah kekanakannya itu, justru saya menaruh percaya yang besar bahwa semua itu adalah kebaikan adanya. saya berbicara tentang ibu saya.

drama adalah genre favorit saya. kata orang saya melow. kata saya, saya realistis. menurut saya, lebih mudah mendapati pelajaran hidup dari film drama dibandingkan genre film lainnya. jelas saya tidak bermaksud mengatakan genre film lainnya itu minim ilmu, tapi di drama lah pelajaran hidup yang mendasar (yang acap terlupakan) justru hadir dengan mudah/gamblang. sebentar, jangan-jangan karena saking mudahnya itu justru membuat orang lupa bahwa itulah ilmu/pelajaran hidup. sederhana memang, tapi justru yang sederhana itu sering terlupakan. bukankah ketika kita dilanda masalah, kita lupa hakikat hidup? ketika pikiran fokus pada masalah, hakekat justru tak terlihat? 

gambar dari sini

contoh sederhana, film little miss sunshine. ada beragam masalah keluarga yang tidak dibuat-buat disana. si sulung yang terobsesi menjadi astronot, si kecil yang bersiap-siap mengikuti lomba little miss sunshine, si ibu yang sibuk bekerja tapi tetap harus menyisihkan waktu untuk keluarga, si paman yang cerdas namun 'terjatuh' karena kasus cinta sejenis, si ayah yang berprinsip hanya seorang juara yang punya tempat, dan si kakek yang pemabuk. titiknya lama ya. hehehee... keluarga yang sempat tercerai berai ini justru bersatu dalam perjalanan menuju lokasi ajang little miss sunshine itu diadakan. si kakek pemabuk yang tewas di jalan karena terserang penyakit jantung, si sulung yang tersadar bahwa ia buta warna (jelas gagal menjadi astronot), si paman yang bertekad untuk bangkit kembali, si ibu yang ingin meluangkan waktu dan perhatian lebih banyak lagi untuk keluarga, si ayah yang bersiap mengubah paradigma, dan si kecil yang gagal kontes dan tetap ceria. oke, detailnya boleh kawan menonton sendiri. ini bukan film baru, bahkan sudah ditayangkan di stasiun tivi kita beberapa waktu yang lalu. awalnya mereka fokus pada masalah masing-masing, namun berkat perjalanan itu mereka menyadari hakekat yang sebenarnya.

suatu ketika ada seorang kawan yang berkata bahwa orang yang menyukai film drama biasanya produk broken home, yeah minimal punya masalah deh di keluarganya. begitu katanya. kalimat itu membuat saya berpikir sejenak. oke, ibu saya memang ajaib, bapak saya sebenarnya tidak kalah ajaib, saudara-saudara saya juga begitu. oke, mereka semua ajaib. saya tidak berharap mereka semua berubah menjadi tokoh-tokoh yang sering saya lihat di film drama itu, tapi, paling tidak, saya berharap pada ibu. sosok itu harusnya dewasa, wise, tidak terlalu banyak bicara aka cerewet, dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tak perlu. Yah, intinya saya mengharapkan ibu saya seperti ibu-ibu ideal yang sering ada di film drama itu deh.

saya berharap demikian. sejujurnya begitu. tapi, itu dulu. saya tentu tidak mau menutup mata pada kenyataan yang berjalan tidak sesuai harapan. yeah, kami bertengkar, sebentar kemudian berdamai. kami bertengkar, sebentar kemudian tertawa bersama. kami bertengkar, sebentar kemudian berpelukan. kurasa, memang begitulah cara kami berkomunikasi. dan, saya merasa cukup. paling tidak dengan cara ajaib itu rasa sayang dan cinta kami tetap tersampaikan. kalau nanti dia menelepon dan membuat saya jengkel, jangan heran kalau sebentar kemudian kami sudah tertawa lagi.

ps: saya tinggal jauh dari orangtua dan saudara-saudara saya.

13 comments :

  1. Bersyukur masih punya ibu.Walo bgmanapun ibu juga manusia biasa yg pst pny banyak kekurangan.Baek2in deh nyokap mumpung msh pny kesempatan.Jgn sampe nyesel(nyesel juga pst udah percuma)

    ReplyDelete
  2. mita: yeah..begitulah

    fhee_rhaa: seems u out of topic dude. u better read it carefully.

    ReplyDelete
  3. looks like u have an interesting relationship with your mom. enjoy it :)

    ReplyDelete
  4. kadang aq merasa "gag seharusnya dilahirkan dalam keluarga ini" ...buruk bgt lah, nyokap bokap dua2nya sakit (loh koq malah curcol?) hahaha
    anyway aq lom pernah nntn filmnya..tar deh cb aq cari filmnya...thx 4 share :)

    ReplyDelete
  5. okto: yeah, we do. and we love each other.

    gloria: hihii.. gkpapa kok curcol. tiap org py mslh klrga masing2. selama kt mau belajar.. belajar... dan terus belajar. keep spirit :)

    ReplyDelete
  6. aku suka little mis sunshine.. bagiku hubungan apakah itu bernama keluarga, sahabat, pacar.. adalah kata kerja karena semua pihak mesti bekerja untuk memaknainya.. btw aku suka tulisannya..:)

    ReplyDelete
  7. dan saya lah yang selalu membuat masalah dirumah. hubungan saya dengan ibu saya, nggak jelas. terkadang seperti bestfriend forever tak terpisahkan, terkadang seperti singa yg selalu mengaum. haha. yg paling aku tidak suka dari ibu ku adalah, tentang peraturan, orangtua tidak pernah salah, kalo orangtua salah, ingat peraturan pertama, ORANGTUA TIDAK PERNAH SALAH. aku benci dia selalu memanfaatkan peraturan itu. aku yg tak terima, melawan, dan caci maki satu sama lain pun tak terelakkan. :s semoga ini tidak out of topic. haha :P

    ReplyDelete
  8. nah, itu dia. kurasa mba tarlen sudah menyebutkan intinya: bekerja. bukankah keluarga adl tim? yess mba i agree. dan, makasih sdh menyukai tulisan ini :D

    'orgtua tdk pernah salah' kurasa itu tipikal ortu kebanyakan di muka bumi ini ya dek. sebabnya krn mereka memandang anaknya itu sbg 'anak' bukan sahabat/kawan. berharap mrk berubah? kurasa cuma ada 1 cara, kt ubah diri kita lebih dulu, hehehe..

    ReplyDelete
  9. aaaaa........ aku baru nonton film iniiii... hahahaa

    ReplyDelete
  10. Hy blognya mbak maya kereenn infonya juga kereenn salam kenal dari blogger Pulau kecil Lombok. Kalau ada waktu silahkan berkunjung ke blog kami yang sederhana di 7og4nk.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. astrid: asyik ya filmnya :)
    yosh: thank u much. blog km jg keren :)

    ReplyDelete
  12. Great read! I wish you could follow up to this topic

    cheap cialis

    ReplyDelete