14.3.11

ke jakarta aku kan kembali*

beberapa waktu yang lalu saya mampir ke kota, jakarta. iya benar, jakarta memang kota, tapi maksudku daerah kota. saya akan share beberapa foto di sini. berhubung saya adalah fotografer amatir, saya berikan kesempatan untuk kawan2 mengkomen foto2 yg akan saya share. hehehhee...... ah ya, beberapa foto hilang. ini diakibatkan keteledoran saya. jadi hanya sebagian kecil saja yg bisa saya share -.-"

masih berkaitan dengan kota, untuk kawan2 yang belum pernah atau sempat mampir ke daerah itu, saya bisa katakan suasananya bak keraton jogja. mm.. dan sedikit suasana malioboro. hah?! belum pernah ke jogja juga? oke, intinya suasana di kota seperti suasana tempat wisata pada umumnya.

saya berangkat dengan menggunakan komuter dari bekasi. cukup merogoh 4500 perak, kalian bisa menikmati perjalanan kereta api dengan fasilitas AC, tanpa pedagang yg biasanya suka berkeliaran (mereka dilarang masuk), bersih (tentu saja), dan tersedia gerbong 1 dan 8 khusus untuk penumpang perempuan. rutenya, dari bekasi, kranji, cakung, klender, jati negara, senen, de el el. saya kurang hapal.. :D intinya jalur kereta ini mentok di stasiun kota. nah, dari sini, kamu tinggal jalan aja menuju pintu keluar. nyebrang dikit, belok ke kanan, dan sampaiiiii. kalian bisa menikmati pemandangan bangunan kuno yg didirikan pemerintah belanda tempoe doeloe. di sepanjang jalan ada beragam dagangan, dari mulai tatoo, fotografer lepas, frame/pigura, aksesoris, es potong (ini fave saya), dompet, jam tangan, de el el. tepat di depan museum fatahilah, ada penyewaan sepeda yang sudah di cat beragam warna. penyewaan sepeda ini dilengkapi dengan topi khas noni2 belanda. tarif 10 rbu perak untuk setengah jam. oke, berhubung saya ke sana hari senin, si museum fatahilah kagak buka! damn it. saya memang pikun utk hal2 yg berkaitan dengan jadwal. so, ane cuma bisa nongkrong2, makan es potong, sambil menikmati ekspresi para pengunjung (yg kurasa bernasib sial seperti diriku). ah ya, di beberapa tembok akan ada peringatan untuk mengabaikan orang asing yg suka nanya2. biasanya mereka adalah penipu yg ujung2nya minta duit. saya kena juga tuh kemaren. jadi saya lg asik2 makan es potong ketika seorang nenek2 sama cucunya mendatangi saya dan bertanya bagaimana cara menuju blok M. nah, saya udah berbuih2 menjelaskan, si nenek dengan senyum2 malu bilang, "iya neng, masalahnya saya nggak punya ongkosnya. ini aja (nunjuk cucunya) belum makan udah berapa hari." saya langsung ilfil dan ngeloyor pergi. dan itu terjadi bukan cuma sekali. setelah berhasil kabur dari para 'orang asing' itu, saya duduk2 di sebelah si ibu penjaja jam tangan. saya pilih tempat itu bukan karena pengen beli jam tangan, tapi karena ada kucing yang sedang tidur pulas sambil menutup matanya dengan kedua tangan. lalu sesekali mulutnya tampak komat kamit. saya merasa geli dengan tingkahnya.

saya menyayangkan banyaknya bangunan kuno yang kondisinya cukup parah, hampir roboh! padahal ini kan salah satu aset negara sekaligus saksi sejarah, bukankah sudah seharusnya dijaga? selain untuk tempat wisata tentunya. lalu, salah siapa ini? menurut saya sih, salah setiap orang yang tidak mau menjaga lingkungan kota agar tetap baik. itu saja.



*judul diambil dari lirik lagu 'Kembali ke Jakarta' oleh Koes Plus

4 comments :

  1. aduh itu si empus lagi bobok hihihi....

    :))

    -Enno-

    ReplyDelete
  2. i think i know what this posting mean. yes, we must keep the assets. agree w/ you maya.

    ReplyDelete
  3. hahaha, iya enno, kucingnya kocak. mm dan baik hati, kurasa begitu, krn nemanin yg jualan.

    see okto, i know u'll agree with me. thank :)

    ReplyDelete
  4. asik sekali bisa jalan2. saya harus kesana! haha

    ReplyDelete