23.10.10

si anjing



ilustrasi oleh Motulz
ANJING. ini bukan dalam usaha lagi marah atau maki2 orang. bukan sodara2. ini salah satu cerpen dari sedikit cerpen saya yang pernah dimuat di media massa. dan, si anjing ini adalah favorit saya, termasuk ilustrasi yg juga paling saya sukai. 
cerpen saya ini dimuat di majalah Playboy edisi april 2007. mengapa saya mengirimkannya ke majalah yang notabene dicap majalah pro free seks dan sejenisnya ini? jawaban saya cuma satu: saya tertarik dengan majalah ini. di luar dari hal itu, saya tidak mau tau. lagipula, hanya orang2 yg bermasalah dengan kelamin dan otaknyalah yang suka ribut2in majalah ini.

nah, saya akan cerita sedikit tentang isi cerpen ini. adalah 'aku' yang pada suatu sore menyadari bahwa istrinya mengalami kejenuhan akan rutinitas. si aku memang tidak mengijinkan si istri untuk bekerja di luar. cukup di rumah saja: membersihkan rumah, melayani suami, dan bersantai2 di rumah. dan, pada sore itu si aku menyadari bahwasannya si istri kadung jenuh. ia pun dengan berat hati membelikan si istri anjing, hewan piaraan yg sangat diinginkan si istri tanpa pernah memikirkan efeknya. di satu sisi, si aku tak menyukai anjing. di sinilah masalah dimulai. si istri makin lama makin mengabaikan si suami. malahan, ia berselingkuh dengan si anjing. si aku yg tak sanggup menerima pengkhianatan akhirnya memilih untuk menghabisi nyawa istri dan si anjing. 

tenang, jangan pikir ini cerpen kriminal. si aku hanya memberi ilustrasi pada si istri bahwa kemungkinan itu akan terjadi jika si istri memelihara anjing. tapi, ternyata si istri bersikeras karena setelah membunuh, si aku bercerita dia merindukan si istri dan senantiasa menjenguk kuburnya.

saya tidak akan menilai cerpen saya. bagi saya itu pantang. saya hanya tidak sengaja mengorek-ngorek folder foto2 dan menemukan ini. lalu ingatan itu menyerbu. saya ingat lagi proses menulis cerpen itu, proses mengirimnya, proses mendapat fee nya. dan, saya teringat playboy si majalah. apa kabar dia sekarang? terakhir yang saya ketahui dari media, Erwin Arnada (pimred playboy) ditahan karena pelanggaran kesusilaan whateva somethin lah (yg sebenarnya bikin sy geleng2 pala). beliau ditahan 2 tahun penjara sejak (kira2) awal oktober 2010.

kalau saja majalah itu masih terbit, saya masih akan dengan senang hati mengirimkan cerpen saya ke sana. dan, semoga para redaktur masih berkenan...:)

3 comments :

  1. sepertinya bagus, sayang aku nggak pernah kebagian playboy walau udah nyari dimana2

    ReplyDelete
  2. emang sulit dapetin majalah satu ini. bahkan yg lama2 sekalipun. dulu jaman masih terbit aja udah sulit... -.-"
    dan, gambar2 yg ada di dalam tidak sevulgar spt yg ada di FHM. believe me..:)

    ReplyDelete
  3. well...aq maw ngomentarin soal playboynya aja
    memang...cm org2 yg bmasalah sama kelamin aja tuh yg menganggap klo playboy bermasalah....gambarnya biasa aja koq....wah...kak maya kayaknya uda pengalaman bgt nulis cerpen dimuat gt sama majalah :) hiksss...aq belummm pernah :(

    ReplyDelete